Waktu yang dirindukan

 Saat makan bersama keluarga

Review by Rosliana Hsb

03 Desember 2020

Pada buku ini telah dibahas sebelumnya bahwasanya membahas tentang aspek imaniyah, aspek sulukiyah, dan aspek dakwah. 

Pada aspek imaniyah di bab 3 ini, membahas tentang saat makan. Dimana makan merupakan kebutuhan setiap manusia. Jika ada seseorang yang sengaja meninggalkan makan hingga ia meninggal karena tidak makan, maka ia dianggap telah bermaksiat kepada Allah. Sebab ia telah sengaja membunuh dirinya sendiri. Makan merupakan sebuah wasilahnya agar kita mampu melakukan ibadah dengan baik dan dapat mendekatkan diri kepada Allah secara maksimal. 

"Di dalam tubuh yang sehat terdapat akal yang sehat" 

 Salah satu cara hidup sehat adalah dengan makan teratur, Allah telah berikan kita insting lapar dahaga dan rasa sakit agar kita tetap waspada dengan selalu memberikan hak kepada jasad kita. 

Hak jasad untuk dengan diberikan makanan yang halal dan juga toyyib. Betapa banyak yang telah Allah berikan nikmat terhadap tubuh kita yang dimana, dengan seluruh air di lautan menjadi tintanya tidak akan cukup untuk menghitung nikmat Allah. 

 Maka dari itu sudah sepantasnya Kita sebagai manusia untuk terus menjaga kesehatan tubuh kita memberikan haknya bukan hanya memporsir tubuh.

Ketika kita melahap makanan ada etika ataupun adab-adab yang perlu kita perhatikan,  adab-adab tersebut telah dicontohkan dan telah dijelaskan oleh nabi kita Muhammad SAW. Baik secara qoliyah maupun fi'liyah. Seperti adab makan, makan dengan duduk, membaca basmalah, makan dengan tangan kanan, makan dengan berjamaah ataupun bersama-sama, memulai makan dari piring bagian pinggir tidak diperbolehkan menyisa makanan,mengambil makanan dari tempat terdekat, masih banyak lagi Adab Adab makan yang dicontohkan Rasulullah baik secara qouliyah maupun fi'liyah. 

Dan sebagai orang tua, kita wajib mendidik dan mengenalkan kepada anak-anak kita untuk menjauhi perilaku-perilaku yang tidak pantas ketika sedang makan. Seperti makan berdiri, makan menggunalan tangan kiri, menghinakan makanan dan perilaku-perilaku tidak pantas lainnya. 

Setelah mendidik anak-anak untuk melakukan hal-hal yang tepat pada saat makan. Ingat selalu untuk menetapkan waktu khusus makan untuk keluarga di mana waktu khusus makan itu menjadikan menjadi quality time bersama. Menjadikan waktu makan bersama keluarga adalah waktu yang sangat dirindukan.  


#Keluarga

#manajemnistrisholehah

Komentar

Postingan populer dari blog ini