Manajemen Istri Sholehah

(Muhammad Husain Isa)

Review by : Rosliana Hsb 

1 Desember 2020

Bab I 

Mulai dari lembar pertama buku ini, sudah sangat mengistimewakan wanita. Makhluk Allah yang tercipta penuh dengan kelembutan. 

"Kepada kaum Hawa yang pada hatinya terdapat benih-benih keimanan.untuk mereka yang siap mengikuti jejak sunnah Rasulullah. Dan untuk mereka yang menafkahkan seluruh jiwa, hidup, dan waktunya hanya untuk Allah semata." 

kalimat diatas merupakan persembahan kata dari penulis untuk seluruh kaum hawa. pertama kali membaca persembahan sudah membuat saya senang, merasa sangat spesial. dalam buku ini dibuka dengan mengenali tujuan penciptaan sebelum benar-benar masuk kepada bab yang dimaksudkan. 

Melalui ayat ini sangat-sangat jelas Tujuan penciptaan manusia yaitu Beribadah hanya kepada Allah. dimana segala kehidupan kita mulai dari bangun tidur ke tidur lagi seyogyanya harus setiap aktifitas kita bernilai ibadah. Karena makna ibadah sangatlah luas, terkadang pikiran kita yang membuatnya sempit. Ibadah bukan hanya yang tertulis dalam rukun islam. semua aktifitas kita bisa jadi ibadah karena Niat. 

Maka dari itu senantiasi kita selalu berdoa dan berpasrah agar Allah selalu menjaga niat kita dari bisikan dan godaan dari pengganggu baik dalam bentuk jin maupun manusia. 

Dalam buku ini mencakup persoalan-persoalan yang sering terjadi dan sering dilaksanakan kaum wanita. Penulis berharap melalui buku ini para wanita diseluruh dunia mampu merealisasikan tujuan utama hidupnya, yaitu ibadah ke dalam aktivitas hari-harinya di rumah, kesibukannya dirumah dengan nuasa ibadah kepada Allah. 

Dalam buku ini akan dibahas beberapa dimensi yaitu : 

    1. Dimensi keimanan
    2. Dimensi perilaku dan sikap hidup
    3. Dimensi dakwah 

 Juga dijelaskan bahwa wanita wajib menghadirkan dan menghayati perannya di rumah. Tahu makna rumah dimana semua yang ada didalamnya baik manusia maupun bendanya hanyalah milik Allah yang suatu saat akan diambil kembali. juga saat mengerjakan tugas-tugas rumah dilandaskan atas perintah Allah. tetap keseluruhan buku membahasa PERAN penting wanita dalam rumah tangga. 

diakhir setiap bab akan tertulis rangkuman dari setiap bab dan juga quessioner yang harus diselesaikan, dan secara tidak langsung kita bisa menilai saat ini kita berada dalam posisi mana.  

Bab pertama dalam buku ini, membahas tentang kebersihan dan keindahan rumah kita. seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa dalam buku ini membahas 3 aspek. untuk bab pertama ini seara aspek keimanan bisa di sandarkan pada dalil berikut :

ان الله يحب التوابين ويحب المتطهرين

(البقرة : ٢٢٢) 

dengan dalil ini bisa menjadi tujuan utama wanita mengapa harus rumah harus bersih karena bersih itu merupakan perintah Allah. Rumah yang bersih dan indah menjadi rumah yang sangat dirindukan setelah satu harian penat dengan kerjaan melanda. rumah merupakan sumber kedamaian, sumber kerinduan keluarga, membuat nyaman setiap orang, tempat berkumpul dan membangun kenangan bersama. karena alasan ini lah wanita harus dengan sabar dan ikhlas untuk menjaga dan merawat rumah dengan baik. Karena sangatlah indah melihat rumah kita menjadi rumah yang sangat nyaman untuk setiap orang. 

 Keindahan dan kerapian ini akan dapat terwujud jika wanita konsiten memberikan perhatian terhadap rumahnya, bukan berarti hanya wanita yang mengambil peran tersebut. seluruh juga terlibat dalam menjaga dan merawat keindahan dan kebersihan rumah. membangun kebiasan-kebiasan positif dengan memberikan peran kebersihan kepada masing-masing anggota keluarga. seperti mencuci piring yang diamanahkan ke anak tertua atau bisa dengan diskusi melist semua tugas-tugas rumah yang harus di kerjakan dan masing-anggota mengampu tugas masing-masing sesuai usia dan kebutuhannya. 

 

semangat membaca

see you tomorrow 

 

#Home
#Reviewbuku 
#BaitiiJannatii

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini